Harmony Clean Flat Responsive WordPress Blog Theme

Kegiatan Saat Ramadhan

10:22 AM Unknown 0 Comments Category :


Bulan ramadhan adalah bulan yang ditunggu-tunggu, karena bulan ini adalah bulan yang pernuh dengan keberkahan, dan ada beberapa kegiatan yang lekat kaitannya dengan bulang ramadhan antara lain : 

Ngabuburit

Kata Ngabuburit berasal dari bahasa Sunda yang berarti menunggu senja. Namun istilah ini lebih dikenal dengan saat-saat menunggu waktu berbuka puasa. Waktu menunggu hingga Adzan Maghrib ini biasanya dimanfaatkan dengan jalan-jalan, olahraga, mengaji bersama di masjid, nongkrong di taman kota atau sekedar berkumpul bersama keluarga. Sesederhana apapun kegiatan ngabuburit pastinya akan seru karena diakhiri dengan Buka Puasa.

Buka Puasa Bersama
Saat bulan Ramadhan, buka puasa bersama pasti sudah menjadi agenda wajib. Kadang moment buka puasa ini pun dimanfaatkan sebagai moment untuk reuni atau kumpul bareng keluarga, sahabat atau teman-teman yang sudah lama tidak bertemu. Buka puasa bersama memang seru sampai lupa waktu, Shalat Maghribnya jangan sampai kelupaan ya.

Pembagian Takjil
Arti sebenarnya dari ta’jil alias takjil adalah kegiatan penyegaran untuk membatalkan puasa dengan memakan atau minum sesuatu. Namun ini mengalami pergeseran makna menjadi makanan pembuka berbuka puasa. Kegiatan berbagi ta’jil gratis di bulan Ramadan biasanya dilakukan oleh komunitas, organisasi atau badan tertentu kepada orang-orang yang berada di jalan mendengar waktu Buka Puasa.

Sahur On The Road
Kegiatan Sahur on the Road identik dengan kegiatan beramal. Biasanya Sahur on the Road dilakukan sejak dini hari, kemudian berkeliling kota sambil membawa bingkisan nasi dan dibagikan kepada orang-orang yang ada di jalan.

Main Petasan
Salah satu hal yang tidak bisa lepas dari bulan Ramadhan yaitu bermain petasan, sudah dilarang bagaimanpun pasti saja ada disekitar kita yang bermain dengan petasan. Saat habis buka puasa dan saat terawih menjadi jam-jam dimana petasan sering kita dengar. Tapi harus ingat harus hati-hati saat bermain petasan, karena resikonya sangat berbahaya.

Oke mungkin itu sedikit kegiatan yang sering kita jumpai saat bulan Ramadhan, semoga puasa kita dibulan ini menjadi berkah. Amin :)

RELATED POSTS

0 comments